Minggu, 08 Agustus 2010

Kebiasaan Orang Korea

seandainya kita bisa ke korea kita udh tau apa tata krama atau kebiasaan mereka..

• Ketika bertemu dengan bertemu dengan orang korea yang lebih senior,bungkukkan badan. Semakin besar perbedaan usia atau status sosial,bungkukkannya harus semakin dalam. Sementara orang yang lebih senior itu membalasnya dengan sedikit mengangguk.

• Bila berjabat tangan dengan orang yang lebih senior, gunakan kedua tangan. Jabat tangan juga biasa dilakukan sambil membungkukkan badan.

• Bila berbicara dengan orang yang lebih senior, jangan terlalu banyak melakukan kontak mata secara langsung.

• Dalam tradisi Konfusian,orang yang lebih tua harus benar-benar dihormati. Oleh karena itu bila ada orang yang lebih tua, jangan bermalas-malasan(tidak memperhatikan keberadaan orang yang lebih tua tersebut)dan jangan menggunakan kacamata hitam.

• Ketika menerima pemberian dari orang yang lebih senior, terimalah dengan menggunakan kedua tangan sambil membungkukkan badan. Bila benda yang diberikan terlalu kecil untuk diterima oleh kedua tangan,terimalah dengan satu tangan sementara tangan yang satunya diletakkan dibawah lengan tangan yang menerima pemberian tersebut. Demikian juga ketika memberikan sesuatu kepada orang yang lebih senior.

• Salah satu ajaran Konfusian adalah menahan emosi. Oleh karena itu, jika berbicara dengan orang Korea,harus tetap dalam nada datar. Jangan berbicara lantang atau bahkan seperti orang berteriak. Kecuali bila memang diperlukan(seperti di institusi militer)

• Lepaskan sepatu jika ke rumah orang Korea. Biasanya disediakan tempat untuk menaruh sepatu.

• Orang Korea makan dengan menggunakan bantal kecil,sedangkan makanannya diletakkan pada sebuah meja yang rendah. Pada hidangan makanan orang Korea, akan dijumpai banyak sekali lauk-pauk. Biasanya dipotong kecil-kecil (untuk satu gigitan). Masing-masing orang akan mendapatkan semangkuk nasi. Jangan makan sebelum orang yang lebih senior mulai makan. Orang Korea makan nasi menggunakan sendok, sedangkan untuk mengambil lauk-pauk menggunakan sumpit. Mereka mencampur nasi,sup, dan lauk pauk di mulut mereka,bukan di mangkuk nasi. Mengambil makanan yang letaknya jauh dari tempat duduk bukanlah hal yang melanggar kesopanan. Bila selesai makan letakkan sumpit dan sendok kembali di meja(biasanya di samping mangkuk nasi disediakan cawan kecil). Jangan meletakkan sumpit dan sendok di dalam mangkuk nasi. Jangan meninggalkan meja makan sebelum orang yang paling senior meninggalkan meja makan.

• Orang Korea tidak biasa menuangkan minuman untuk dirinya sendiri. Mereka menuangkan minuman satu sama lain. Menuangkan minuman untuk diri sendiri merupakan suatu etiket yang buruk. Ketika minum dengan orang yang lebih senior,orang yang lebih junior harus memalingkan mukanya ke samping ketika minum.

• Ketika makan di restoran, orang yang lebih junior yang biasanya membayar,meskipun kadang-kadang orang yang mengajak makan yang membayar makanannya.

• Saat merokok,kemudian bertemu dengan orang yang lebih senior,rokok tersebut harus disembunyikan,dimatikan atau dibuang. Remaja Korea biasanya merokok di tangga, di basement,atau tempat-tempat yang terhindar dari pandangan orang yang lebih senior. Wanita yang merokok sudah dianggap sebagai wanita yang tidak bermoral.

• Di Korea banyak dijumpai remaja laki-laki yang berjalan sambil merangkul bahu sedangkan remaja perempuan sambil bergandengan tangan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka adalah teman yang akrab.

• Ketika bertemu dengan anak kecil, orang Korea menyentuh atau mengelus-elus untuk menunjukkan bahwa mereka menyayangi anak-anak.

• Saling menepuk ketika berbicara dengan teman (orang yang akrab) adalah sesuatu yang biasa bagi orang Korea.

• Memanggil nama orang Korea hanya boleh dilakukan dengan teman atau orang yang lebih junior. Biasanya orang Korea dipanggil dengan statusnya misalnya guru,dokter,kakak,direktur

,ketua kelas,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar